[Manga Review] Houkago Wind Orchestra

Houkago Wind Orchestra - 001 [ryColaa]_002

Title: Houkago Wind Orchestra (放課後ウインド・オーケストラ)
Genre: School Life, Shounen
Rating: Teen
Original Story by Usa Yuichiro
Original Artwork by Usa Yuichiro
Original Publisher by Shueisha
Serialized In (magazine): Jump SQ
Published and Licensed in Indonesia: Not Yet
Info at:
Manga Updates

Sinopsis

Take one step ahead, and you don’t know what might happen

Heion Yoshitoshi adalah murid baru di Private Chiyotani High School yang biasa-biasa saja dan tidak memiliki minat apapun, lalu memilih sekolah yang dia sebut memiliki ranking rata-rata dengan alasan jaraknya yang dekat dari rumahnya (hanya 5 menit). Mottonya adalah … dia ingin hidup tenang disekolah itu, tanpa dipusingkan oleh hal-hal yang menurutnya merepotkan misalnya ikut kegiatan klub disekolah.

Dia kemudian bertemu dengan seorang gadis manis bernama Rina Fujimoto yang merupakan teman sekelasnya. Awalnya ia mengagumi Rina namun temannya Shirou memupus mimpinya terhadap Rina yang membuatnya menyerah (well … tau kan maksudnya xD).

Saat sedang melamun memandang lautan didekat sekolahnya, ia tanpa sengaja melihat Rina yang sepertinya sedang berbicara dengan seorang cowok dari kelas lain (mungkin bisa disebut diganggu daripada sekedar berbicara xD), awalnya ia tidak memperdulikan hal itu, sampai Rina kemudian justru memanggil dirinya dan menanyakan arah ruang musik.

Heion kemudian mengantarkan Rina menuju ruang musik dan mengetahui bahwa Rina ingin masuk menjadi anggota Club Wind Orchestra di sekolah tersebut. Sayangnya, Rina harus memupus mimpinya manakala mengetahui ternyata club tersebut akan ditutup dan dibubarkan dengan alasan tidak ada kemajuan yang berarti saat ikut kegiatan diluar sekolah. Namun Rina masih belum menyerah, selain karena pesan gurunya waktu ia masih SMP, juga karena kesukaannya yang dalam terhadap musik khususnya Trumpet (terompet xD) dan ingin terus melanjutkan hal itu sampai ia SMU. Melihat hal itu, Heion yang awalnya tidak memiliki minat dibidang apapun apalagi terhadap club activity, tanpa sadar justru membagikan brosur tentang Club Wind Orchestra saat acara Recruiting Club Activities, dan tergerak untuk menghidupkan kembali Wind Orchestra di sekolahnya.

Dia bahkan dengan terpaksa menjadi President Club karena terdesak oleh suatu keadaan xD dan berniat memainkan alat musik yang sama dengan yang dimainkan Rina meskipun dia amatiran yang tidak tahu apa-apa. Namun melihat keseriusan dan niatnya membuat Komiyama-senpai, senior yang awalnya diklub tersebut tergerak untuk ikut membangun kembali klub tersebut.

Mampukah Heion yang tidak tahu apa-apa dibidang musik ini menjadi President Club? Lalu bagaimana nasib dan kelanjutan dari Wind Orchestra di Chiyotani High School?

Well … just like his friend said before “take one step ahead, and you don’t know what might happen

Character

Yoshitoshi Heion

heion Siswa Chiyotani High School berumur 15 tahun ini tidak memiliki minat apapun dibidang apapun, sejak SMP minat terbesarnya hanyalah tidur dikelas, kemampuannya membuat kehadirannya tidak disadari teman-teman sekelasnya, nilainya dibawah rata-rata, dan tidak berminat diklub apapun, tipikal karakter yang plain xD sampai ia bertemu dengan Rina yang tanpa sadar menggerakkan dirinya untuk lebih mengenal Wind Orchestra dan membantu Rina menghidupkan kembali klub tersebut di Chiyokou (Chiyotani Gakuen), ia juga semakin penasaran dengan alat musik yang dimainkan Rina dan mencoba untuk mempelajarinya. Meskipun terlihat bodoh, namun kemampuan Heion dalam mempelajari Trumpet termasuk lumayan cepat, meski dia mungkin tidak menyadarinya kemampuannya itu.

Fujimoto Rina

rinaTeman satu kelas Heion yang terkenal manis. Ia memiliki impian untuk bisa tetap bermain musik dan menjadi bagian dari Wind Orchestra, namun harapan itu kandas menyusul dibubarkannya klub tersebut. Dengan passion of musicnya yang tinggi, ia secara tidak langsung (dan tanpa ia sadari tentunya) berhasil menggerakkan Heion untuk membangun klub tersebut kembali xD. Rina merupakan tipikal gadis yang lembut, atau begitulah yang terlihat dipermukaan, namun jangan sampai ada yang menjelek-jelekkan hobinya atau Music dan Wind Orchestra, jika tidak ingin melihat sisi demon yang ada dalam dirinya xD. Instrumen yang dimainkannya adalah Trumpet.

Hasebe Yui

yuiSobat Rina yang juga teman satu kelas Heion ini adalah tipikal karakter yang easy going. Ia menyukai hal-hal yang menarik dan terkadang suka usil juga, yang menjadikan alasannya bergabung keklub tersebut meskipun seperti halnya Heion, sama-sama pemula dibidang musik.

Yui memilih Alto Sax sebagai alat musik yang akan dia mainkan di Wind Orchestra

Komiyama Chie

chieSenpai tahun kedua ini merupakan yang paling berbakat (most talented) diklub tersebut.

Tipikal orang yang tenang dan tidak banyak komentar namun punya sifat yang baik.

Sepintas terlihat seperti cowok (atau begitulah anggapan saya waktu pertama kali lihat xD).

Alat musik yang dimainkan adalah Clarinet, dan saking berbakat, hanya dengan melihat saja, Kasumi bisa langsung tahu kalau orang ini bukan member biasa xD

Iwasaki Keisuke

iwasakiSesama 1stYear dari kelas C (freshmen) ini tertarik masuk klub karena melihat Heion yang sama-sama amatir namun berani mencoba memainkan alat musik. Heion bertemu dengannya saat ia sedang membagikan selebaran tentang Wind Orchestra

Setelah bergabung dengan klub,  Iwasa  memilih Trombone sebagai alat musik yang akan dia mainkan.

Tsukikawa Kasumi

kasumiCowok misterius yang mengajarkan Heion memegang Trumpet ini adalah juga siswa freshmen sama seperti Heion. Tidak diketahui jelas, namun yang pasti Kasumi bisa dibilang salah satu orang yang berbakat dibidang Trumpet disekolah itu. Dia juga yang membantu meyakinkan Kepala Sekolah untuk tidak menutup Wind Orchestra sebagai klub dan mengubah statusnya dari klub sementara menjadi klub yang resmi sehingga bisa ikut turnamen. Kasumi selalu menyewa ruang musik di salah satu toko musik sekaligus rental bernama Mainz, tempat dimana Heion awalnya ingin meminjam Trumpet, yang justru Kasumi secara tidak langsung menjadi guru Heion saat berlatih Trumpet diruangan yang sama. Belakangan diketahui, Kasumi kurang mampu menghandle anak kecil ^_^

Mouri Nao

naoGaki (bocah) pemilik toko musik Mainz yang selalu disewa Kasumi.

Tipikal bocah yang awalnya menganggap Heion bodoh, namun belakangan malah jadi akrab dengannya.

Ia mengelola toko milik kakeknya tersebut bersama dengan seorang employer bernama Mitsuya yang sepertinya disukainya, dan terkadang dia memanggilnya onii-chan.

Mitsuya Yuya

mitsuyaEmployer part time di toko musik Mainz sekaligus orang yang melakukan maintenance alat-alat musik ditoko tersebut.

Dia melihat ada kemampuan yang dimiliki Heion sehingga sengaja menempatkan Heion berlatih dalam satu ruangan dengan Kasumi.

Mitsuya adalah lulusan fakultas musik, sehingga ia tahu banyak tentang alat musik

Shirou

shirouTeman masa kecil Heion ini tipikal orang yang terkadang tidak melihat situasi dulu sebelum bertindak.

Seorang anak yang kaya (anak dari seorang CEO), namun termasuk kikir. Meskipun begitu terkadang bisa juga diandalkan (bahkan kalau ga salah … dialah yang terkadang memberi saran kepada Heion saat dibutuhkan)

Selalu datang kerumah Heion hanya untuk makan malam atau bermain game.

Last Word

Cerita bagus, art lumayan bagus juga ^^b

Tapi mungkin yang lebih menarik perhatianku membaca ini manga adalah, bagaimana perkembangan Heion yang awalnya tidak punya bakat apa-apa dibidang musik, bahkan tidak punya niat apapun, kemudian mengambil satu langkah berani, untuk mencoba apa yang dulunya dia anggap tidak menarik dan merepotkan, dengan ditambah bumbu “terpengaruh karena cewek” … menjadikan ceritanya sedikit menarik xD

Apalagi beberapa komedi juga diselipkan seperti halnya dia mencoba meniup terompet sampai kelelahan, atau Rina yang terlihat seperti demon karena marah ada yang menjelek-jelekkan hobi musiknya, semuanya membuat cerita menjadi sedikit lebih segar. Komedi, tema musik, sedikit romance (mungkin) tidak jelek untuk jadi bacaan penghilang stress 😀

Dan satu hal yang sepertinya ingin diajarkan oleh sang mangaka “take one step ahead, and you don’t know what might happen”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s