[Manga Review] Tena on S-String

Tena_on_S_String_Coverfront

Title:S Senjou no Tena (S線上のテナ)
Genre: Comedy, Ecchi, Fantasy, Harem, Seinen
Rating: 18+ (Mature)
Original Story by Sesuna Mikabe
Original Artwork by Sesuna Mikabe
Original Publisher by Houbunsha
Serialized In (magazine): Manga Time Kirara Forward
Published and Licensed in Indonesia: Not Yet
Info at:
Manga Updates

Sinopsis

Didunia ini, semua harmoni kehidupan dibentuk oleh nada kehidupan dalam bentuk Soul Score. Soul Score sudah menjadi bagian dari kehidupan tiap benda dibumi, terutama manusia, sejak ia dilahirkan sampai ia meninggal, dan diibaratkan sebagai Life Span, atau takaran takdir dan jiwa seseorang. Agar para nada(note) ini dapat tetap berada dalam harmoninya, maka dibutuhkan Soul Tuner yang bertugas menjaga nada-nada tersebut agar tetap selaras, dan mengambil nada yang sumbang yang merusak harmoni dari keseluruhan Soul Score yang mengakibatkan ketidak seimbangan pada alur kehidupan (istilahnya para Soul Tuner ini mirip dengan Shinigami). Hanya beberapa orang yang bisa melihat Soul Score, yaitu mereka yang telah mengalami kejadian hampir meninggal, dan yang bisa memanipulasi Soul Score hanya mereka yang ditunjuk sebagai Soul Tuner

Kyosuyke Hibiki adalah seorang lulusan sekolah musik yang membuka Private Lesson di apartemennya, sampai suatu hari ia mengalami kecelakaan lalu lintas (ditabrak mobil) yang membuat kondisinya kritis antara hidup dan mati. Saat itulah, ia seperti mendengar ada melody yang belum pernah ia dengar, dan saat ia tersadar dari koma, ia bahkan selain mendengar, juga bisa melihat Music Score dari para suster yang merawat dirinya.

Keadaan semakin diperparah dengan kedatangan seorang gadis (kecil xD) yang mengaku sebagai Soul Tuner bernama Tena Fortissian dan awalnya ingin mengambil salah satu note yang ada ditubuhnya. Namun Tena mengurungkan niat tersebut dan berubah pikiran untuk menjadikan Kyosuke sebagai PET (piaraan)nya setelah mengetahui Kyosuke dapat melihat dan mendengar Soul Score yang umumnya hanya bisa dilihat oleh para Soul Tuner dengan kemampuan yang lebih baik dari Tena.

Tentu saja Kyosuke menolak dijadikan piaraan, dengan alasan ia memiliki kehidupan sendiri dan tidak ingin direpotkan dengan hal-hal aneh milik Tena. Well … tapi kita disini berurusan dengan seorang Gothic Lolita Tsundere Tena-ojousama yang keras kepala dan full of pride (begitulah Tena menganggap dirinya) yang tentunya tidak memperdulikan opini Kyosuke dan dengan seenaknya menjadikan apartemen Kyosuke sebagai tempat tinggalnya di Jepang xD

Bisakah Kyosuke bertahan dengan keadaan ini?? dan benarkah Note yang dicari Tena itu yang membuatnya memiliki kemapuan bisa melihat Soul Score??

Character

Hibiki Kyousuke

Mahasiswa yang baru lulus dari sekolah musik berumur 24 tahun ini adalah seorang guru les musik yang membuka Private Lesson diapartmemen miliknya. Ia mengalami kecelakaan saat kembali dari membeli beberapa Sheet dan staff paper dan hampi mati, yang kemudian memberikan dirinya semacam kemampuan untuk bisa melihat Soul Score. Tipikal karakter yang rada cuek dan bad mouthed (omongannya terkadang kurang sopan) namun sebenarnya seorang yang baik dan cukup sensitif terhadap suatu keadaan. Selalu dibuat kesal oleh kelakuan Tena yang suka seenaknya dan bertingkah seperti boss di rumahnya. Namun setelah menyadari keadaan Tena yang sedikit mirip dengannya, ia memutuskan untuk membantunya dalam pekerjaannya sebagai Soul Tuner, meskipun sempat dikira lolicon oleh murid-murid lesnya (dan mendapat “hadiah manis” yang membuatnya tersungkur xD).

Tena Fortissian

Salah satu Soul Tuner yang awalnya ingin mengambil note ditubuh Kyousuke, namun kemudian justru menjadikan Kyosuke sebagai piaraan. Selalu berpenampilan layaknya Gothic Lolita dan terlalu percaya diri, meskipun kemampuannya memang tidak bisa diragukan sebagai Soul Tuner. Tidak terlalu lancar dalam menggunakan bahasa Jepang (bahkan menulis Childhood dalam bahasa Jepang saja menjadi Childhand xD) dan tipikal Bossy Princess Type, alias suka menganggap diri sebagai seorang tuan putri (yang membuat Kyosuke terkadang naik pitam). Alasannya mengumpulkan semua Note yang misharmoni (termasuk awalnya yang ada ditubuh Kyosuke) adalah agar dirinya bisa menjadi Top rank Soul Tuner sehinggal tidak ada orang lain yang bisa meremehkan dirinya, dan terutama sekali, untuk bisa mengalahkan seorang gadis yang sepertinya termasuk rivalnya.

Last Word

Manga yang lucu xD

Tsundere Gothic Lolita Style bertemu dengan Hero yang bad mouthed and cuek type xD

Tema ceritanya juga lumayan unik, kalau diperhatikan, temanya mirip dengan tema cerita-cerita tentang Shinigami (khususnya Shinigami to Chocolate Parfait dan sepertinya sih mirip Bleach juga xD)

Namun bedanya, Shinigami disini diubah menjadi Soul Tuner, dan Soul disini dijadikan Soul Score dalam bentuk note-note musik (bukan berbentuk Jiwa atau roh manusia)

Mengenai artnya sih … rada-rada so-so menurut gw pribadi, ga begitu bagus, tapi juga ga jelek-jelek banget kok (setidaknya masih enak dilihat, meski ada beberapa bagian yang terlihat kurang)

Kesimpulannya … well, kalau rada bosan dengan tema Shinigami yang itu-itu aja, bisa coba baca manga yang satu ini … dijamin lumayan menghibur (terutama tingkah si Tena-ojousama xD)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s