[Manga Review] Fairial Garden

sorry … this review in Bahasa Indonesia only, i’m too lazy to translate it into English (pardon me ;_;) but … if you really wanna read it in English, you can use Google Translator (and bear with it pliz ;_;)

fairial_cover_01_000a

Title: Faerial Garden(フェアリアルガーデン)
Genre: Fantasy, Romance, Shounen
Rating: 15+ (Teen)
Original Author by Sakurako Minene
Original Artwork by Sakurako Minene
Original Publisher by MagGarden
Serialized In (magazine): Comic Blade (MagGarden)
Published and Licensed in Indonesia: Not Yet
Info at: Manga Updates

He always watering her, so she can sleep inside the flower without any worries
She was given to him, so she doesn’t know about anything else
However, she is looking forward to seeing him

Sinopsis

Fairia Seed …

Suatu tanaman khusus yang menghasilkan peri kecil saat berbunga, menjadi sangat populer di Jepang setelah para peneliti berhasil mengembangkannya dan menjadi piaraan favorit setiap orang. Peri kecil dan lucu itu kemudian menjadi spesies baru dengan sebutan Fairia.

Pada umumnya, bentuk setiap Fairia berukuran kecil seperti kebanyakan ukuran peri-peri dari cerita dongeng (mungkin seukuran handphone), namun ada beberapa jenis Fairia yang memiliki kemampuan khusus yang dapat bertransformasi ke ukuran manusia dan berpenampilan layaknya manusia normal. Jenis yang sangat langka, yang bahkan sebagian besar dari para pemilik Fairia sendiri tidak percaya dan menyebut hal itu hanya khayalan, ini kemudian disebut sebagai Fairial (mungkin dikarenakan tidak banyak yang pernah melihat Fairial secara langsung).

Cerita kemudian berfokus pada seorang siswa SMP bernama Saionji Noah (or Noa) yang kedua orang tuanya merupakan Ilmuwan terkenal karena berhasil mengembangkan Fairia Seed. Berkat kejeniusan kedua orang tuanya, Fairia menjadi piaraan populer setiap orang, dan Fairia Seed menjadi komoditi yang laris. Namun, kepopuleran itu tidak berlaku bagi Noah, yang tidak perduli dengan yang namanya Fairia (sepertinya, dia sendiri juga tidak terlalu memperdulikan kedua orang tuanya).

Noah tidak mau memelihara Fairia ataupun memikirkannya sebenarnya bukan karena ia membencinya, melainkan karena dirinya punya pengalaman buruk dengan Fairia saat dirinya masih kecil, dimana waktu itu, Fairia miliknya mati setelah dijadikan bahan percobaan penelitian oleh ibunya (hal itu pula yang menyebabkan hubungan dia dengan kedua orang tuanya belakangan tidak begitu baik).

Segalanya kemudian sedikit berubah, saat suatu hari dirinya menemukan Fairia Seed yang terbuang. Meskipun ia sendiri bertanya-tanya mengapa dirinya memungutnya, padahal sebelumnya ia sudah pernah memelihara Fairia dan berakhir menyedihkan, namun akhirnya dirinya justru memelihara Fairia tersebut yang kemudian diberi nama Claire. Berbeda dari jenis Fairia pada umumnya, Claire merupakan salah satu jenis Fairial (Fairia langka yang memiliki kemampuan spesial) yang eksis. Claire dapat bertransformasi dalam tiga bentuk, bentuk manusia normal, bentuk peri dan bentuk yg paling kecil yang hampir mirip sebuah kacang (sedikit lebih besar dari kacang pada umumnya).

fairial_01_001

Meski Noah merawat Claire sejak masih berbentuk kelopak sampai berbunga (dalam arti lain, lahir), namun Noah masih belum bisa melepas ingatan menyedihkan tentang dirinya dengan Fairia. Oleh sebab itu, dirinya mau saja saat temannya di SMP Yanagisawa Jun ingin merawat Claire dan meminta menukar Claire dengan salah satu seed miliknya, karena Jun tertarik dengan wajah imut Claire dan juga kemampuannya yang berbeda dengan Fairia lain.

Bagi Noah, Claire lebih baik dirawat oleh orang lain daripada dirinya. Selain karena masa lalu, Noah juga beranggapan Claire akan lebih aman dengan orang lain, sehingga dapat menjauhkan Claire dari kemungkinan menjadi bahan penelitian oleh kedua orang tuanya. Namun Noah tidak menyadari bahwa keputusannya itu justru membuat Claire sedih yang berakhir pada keadaan dimana Claire menjadi kritis (mungkin jatuh sakit karena memikirkan Noah) di rumah Jun.

Akankah Noah merawat Claire kembali dan bisakah ia menyembuhkan keadaan Claire!? Beranikah Noah melepas ingatan masa lalunya!? lalu apa rahasia sebenarnya dari Fairial!?

Character

Saionji Noah

fairial_01_074Siswa SMP umur 14 tahun ini merupakan cowok yang cuek dan sedikit dingin. Perkataannya kadang kala terdengar kurang sopan, namun sebenarnya dirinya bukanlah orang yang jahat dan tidak punya hati. Ia menjadi tidak perduli terhadap lingkungan khususnya Fairia dikarenakan dirinya pernah punya pengalaman yang menyedihkan dengan Fairia.

Kedua orang tuanya adalah peneliti yang berhasil mengembangkan Fairia menjadi suatu komoditi yang populer, namun hubungan dirinya dengan orangtuanya tidak begitu baik, selain karena orang tuanya yang selalu sibuk, karena orang tuanyalah, Fairia miliknya mati, yang menyebabkan sifatnya menjadi lebih dingin dan tidak perdulian. Sampai ia kemudian menemukan Claire dan merawatnya.

Noah juga memiliki sifat keras kepala, dan termasuk orang yang paling susah untuk dibuat tersenyum (^_^). Namun melihat kepolosan Claire, perlahan sifatnya sedikit melunak (dan bisa tersenyum kembali meski hanya sesaat).

Claire

fairial_01_134Fairia yang ditemukan Noah ini termasuk salah satu jenis Fairial yang langka. Claire mampu bertransformasi dalam bentuk manusia normal (kemampuan yang tidak dimiliki Fairia pada umumnya). Meskipun terkadang ukurannya seperti layaknya manusia normal, namun Claire bisa dibilang masih seperti seorang bayi (bayi Fairia) yang baru lahir.

Sifatnya polos, dan rasa ingin tahunya cukup besar. Ia suka menunjuk ke sesuatu yang menarik perhatiannya, dan terkadang mengucapkan satu kata yang sebelumnya diucapkan oleh Noah. Noah memberinya nama Claire dari Clemantis. Saat dirinya ditukar dan dibawa oleh Jun, Claire terus menerus menangis dan melihat keluar jendela, sampai akhirnya kondisinya kritis yang kemudian oleh Noah dibawa ketempat Cattleya. Claire sangat suka dengan Noah dan terkadang selalu menempel dengan Noah, bahkan saat Jun mengajaknya pulang dengannya lagi, dengan sangat tegas Claire berkata “NO” xD

Claire juga bisa melakukan telepati dengan Cattleya yang juga merupakan Fairial (sama dengan Claire)

Yanagisawa Jun

fairial_01_061Teman SMP Noah ini adalah seorang Fairia maniak. Menganggap dirinya adalah sahabat baik Noah, meskipun terkadang Noah berlaku kurang sopan terhadapnya dan tidak terlalu memperdulikannya.

Jun yang memang sangat menyukai Fairia imut kemudian berhasil menukar seed miliknya dengan Claire milik Noah, namun ternyata keadaan tidak berjalan manis buatnya, terlebih lagi kondisi Claire menjadi kritis. Meski dirinya menyadari bahwa Claire lebih suka bersama Noah, tapi dia belum mau menyerah dan memberi tantangan ke Noah jika berhasil membuat Claire mengucapkan terima kasih, maka Claire akan dikembalikan ke Noah (siapa yang menang, silahkan dibaca sendiri ^_^)

Cattleya

fairial_01_035Cattleya adalah Fairial sama seperti Claire dan tinggal di rumah Ayah Noah, dan memiliki sifat yang kalem. Waktu kecil, Noah pernah bertemu dengannya, saat Fairia milik mati, namun tidak sempat menanyakan namanya.

Cattleya kemudian meminta Noah dan juga Jun untuk merahasiakan kenyataan bahwa Claire adalah Fairial.

Oleh Jun, Cattleya diberi nama panggilan Cato.

Last Word

Dua kata yang bisa saya beri saat selesai membaca manga ini … “MIRIP CHOBITS!!!”

Hanya bedanya kalo chobits adalah modifikasi dari komputer (pasocon) sedangkan ini adalah modifikasi dari peri dan tanaman xD

Sisanya boleh dibilang sangat mirip, berbeda dengan DearS buatan Peach Pit yang wujudnya Alien dan bukan buatan, kalo ini bener2 mirip sama Chobits yg sama sama buatan (dikembangkan oleh manusia) dan sama2 produk spesial, Chii juga termasuk Pasocon langka yg disebut Chobits … sama deh dengan Claire yg juga spesial karna langka (disebut Fairial)

Untuk urusan art … sapa sih yg ga kenal Sakurako Minene sensei … sensei yang sebelumnya membuat karya yg cukup terkenal berjudul Mamotte Syugogetten ini artnya boleh dibilang good … hanya menurut gw pribadi, artnya dia saat membuat Syugogetten lebih baik dari ini sih 😀 mungkin karna demografinya beda ya 😕 (ini shounen, kalo Syugogetten kan shoujo)

Setidaknya … ini termasuk salah satu manga yg cukup bagus untuk diikuti, meski jujur, pertama pace ceritanya cukup lambat, dan kedua … sangat mirip Chobits dari berbagai aspek 😀

tp buat penggemar karyanya Sakurako Minene-sensei sih mungkin ini termasuk salah satu manga wajib baca keknya xD

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s